Kamis, 02 Juni 2016

OPERASI CANGKOK KORNEA KEDUA



OPERASI CANGKOK KORNEA KEDUA

Hari kedua menjalani training buat kerjaan baru, eh dapet sms dari dokter mata kalau ada kornea dan ditanya mau dioperasi apa enggak. Sumpah gue mikir sampe dua jam bahkan saat materi training lagi dibahas gue gag konsen abis. Sampai akhirnya istirahat makan siang, masuk toilet dan telpon balik dokter dan ngatain gue bersedia. Dengan bilang bersedia bakal banyak hal berubah dalam seketika. Pertama gue keluar kerja, kedua harapan bisa lihat kembali meski ada tapi tipis karena ada syaraf yang rusak udah lama, ketiga bakal jadi pengangguran lagi. Empat pastinya financial yang gue juga males bahasnya.
Jam 4 sore aku janjian sama dokter di lobi buat ngurus masuk bangsal, kutunggu sampe jam 5 kok belum dateng, di sms belum dibalas telpon juga gag diangkat. Eh ternyata beliau lagi ngoperasi orang hahhaa. Untungnya (orang jawa mah selalu untung meski ditimpa musibah) tempat trainingku deket sama rumah sakit mata jadi naik motor 5 menit langsung sampai. Sebelum masuk bangsal, di cek dulu kesehatannya apakah fit karrena buat operasi, badan harus benar-benar fit biar gag mati waktu operasi hahha. Beneran loh kan waktu operasi kita dibius, nah kalau badan kita gag fit gag bakalan dokter mau ngoperasi.
Abis itu masuk ke kamar pasien. Tadaaaaa kamar kelas 1 yang luas dan gue Cuma sendirian. Untung rumah sakit mata dimana disana gag ada yang meninggal. Coba kalau rumah sakit umum, bisa-bisa minta ditemenin tidur sama perawatn ya hahaha. Sambil nunggu waktu pagi gue nyuci baju, karaokean, nonton tv, nge game. Beneran lho ini gag boong. Karena bangunannya belanda jadi dindingnya tebel mau teriak-teriak asal pintu ditutup tuh gag ada yang denger dari luar.
Paginya wali operasi gue alias mba gue yang dateng dari rumah gue di Banjar datang. Akhirnya si pasien punya wali juga hahah. Setelah tanda tangan ini itu akhirnya gue dapat baju operasi yang langsung kupakai karena tengah hari bakal diinfus jadi biar gag buka pasang baju kupakai sekalian aja. Sebelum makan siang, perawat datang ke kamar buat ngasih infus sama obat penurun tekanan bola mata yang dilalui infus juga. Pegel rasanya waktu infus diganti sama obat penurun tekanan bola mata karena katanya cairannya kental jadi butuh tenaga waktu lewat vena.
Jam 4 dipanggil deh ke ruang operasi dan sialnya suruh nunggu dulu karena pak dokter masih periksa rawat jalan. Tapi gag pa2, ada pemandangan amazing di ruang operasi. Bukan karena isinya residen yang ganteng2 ya tapi secara langsung gue liat operasi glaukoma dari awal sampe akhir hahah. (posisi gue di ruang transit di dalam instalasi ruang operasi jadi liat lewat layar lcd, tentunya karena ruangannya kaca jadi gue tau liat yg lagi dioperasi siapa). Kapan lagi bisa liat kaya ginian meski sejam lebih nunggunya.  Jam 5 pun gue disuruh masuk ke ruang operasi nomor 3 dan sialnya lagi tim perawat dan residen yang nanganin sama kaya pas gue operasi pertama. Sana duluan malah yang ngeh , duh malunyaa,,, badan gede tapi kornea aja sampe gag cocok wkwkk sampe diulang operasinya duh. Ngobrol dikit dan akhirnya gue terlelap tidur dan bangun jam 9 malam di ruang rehabilitasi masih di dalam kawasan ruang operasi dan siap dibawa ke kamar pasien. Karena pusing banged , di tengah perjalanan gag nahan, isi perut gue ngalir ngitu aja (muntah -_-). Untung dorongan pasiennya canggih emang ada tempat kalau pasien muntah di perjalanan kaya aku jadi nggak ndelewer kemana-mana.  Selang 2 jam baru infus, oksigen dilepas setelah kondisi badan udah stabil meski masih pusing berat dan harus makan karena seharian gag makan. Jam 11 malem makan jadinya. Enak gag enak perut harus diisi biar gag bikin penyakit baru alias masuk angin karena perut kosong. Abis itu bobo deh
Paginya jam 5 pagi dibangunin perawat buat tes tensi. Kalo rumah sakit mata, cek kesehatan kaya tensi, suhu badan dll pasiennya yang dateng ke ruang perawat bukan perawat yang ke kamar pasien. Ini dilakukan biar pasien mau gerak jalan-jalan pasca operasi cz yang dioperasi kan tentunya orang sehat karena udah lolos uji kesehatan sebelumnya. Kalau yang masih nge fly efek mabok obat bius dan belum bisa bangun baru perawatnya meriksa ke ruang pasien sama khusus pasien cangkok kaya aku biasanya ngalamin nyeri luar biasa di mata yang dioperasi (pengalaman operasi pertama) sampe mata yang sehat gag bisa dibuka jadinya meski efek mabok obat bius udah ilang tetep perawat yang ke kamar pasien. Intinya kalo mampu ya harus gerak dah.
3 hari pasca operasi gue udah boleh pulang. Kepulangan pasien disini sama kaya rumah sakit lainnya. Harus disetujui dokter yang menangani. Malem jam 7 baru deh jemputan datang dan menuju ke rumah dan sampai rumah jam 12 malam. Tepar maksimal. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar