Sabtu, 05 Juli 2014

BEROBAT RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT EMANUEL BANJARNEGARA



BEROBAT RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT EMANUEL BANJARNEGARA

          Lama gag ngepos, kali ini aku mau sedikit berbagi cerita tentang rawat jalan di salah satu rumah sakit swasta di Kabupaten Banjarnegara. Di Banjarnegara sendiri ada 3 rumah sakit besar yaitu RSUD Banjarnegara, Rumah Sakit Islam Banjarnegara dan Rumah Sakit Emanuel. Berdasarkan pengalamanku menggunakan fasilitas ketiga rumah sakit tersebut, yang paling membuatku nyaman adalah Rumah Sakit Emanuel karena memang dokter spesialisku ada di sana. Selain itu dari fasilitas , kemudahan dan keramahan pelayanan paling baik memang RS Emanuel.
          Kebetulan aku diberi anugrah penyakit yang cukup sulit diobati dan harus rutin cek. Yah semoga bisa menjadi pengurang dosaku deh amin... Bisa dibilang tak bisa sembuh total tanpa transplantasi dan itu pun sangat sulit didapat. Jadi ya sabar aja, karena kalau sabar pasti semua berjalan baik-baik saja. Di RS sakit ini menurutku cukup lengkap spesialisasinya untuk ukuran kabupaten kecil seperti Banjarnegara. Kalau aku sendiri daripada berobat ke RS negeri lebih baik ke swasta. Karena perbedaan harga yang sangat tipis namun kita lebih dimanusiakan. Yah karena swasta selalu mengedepankan kualitas pelayanan jadi sebagai konsumen lebih nyaman aja. Lagipula aku tak pakai jamkesmas, askes dan lain-lain jadi ya gag ada bedanya sama negeri.
          Langkah pertama kalau kita mau rawat jalan alias periksan bahasa jawanya, lebih baik kita daftar via telepon, karena memudahkan kita biar gag kelamaan nunggu sekalian ngecek dokternya ada apa kagak, karena dokternya ada banyak kita bisa milih. Misal hari senin selasa dokter A, rabu dokter B dll. Pengalamanku karena aku dah ditangani sama satu dokter itu ya aku lebih prefer jadi selalu milih periksan di jadwal prakteknya. Sebenernya langsung datang aja si gag pa2, Cuma kadang ngantrinya jadi lama. Setelah kita daftar di loket pendaftaran (bagi yang daftar lewat telepon juga konfirmasi ulang di loket pendaftaran), kita langsung cus ke ruang pemeriksaan nunggu giliran sampe dapet giliran diperiksa. Kalau pakai askes atau jamkesmas ada loketnya sendiri, tapi tetap pelayanannya sama Cuma beda loket pendaftarannya ajah. Setelah diperiksa kita langsung ngantri ngambil obat dan sekalian bayar. Enaknya kita berobat disini, semua dokumen bla bla bla diurus sama karyawan sana. Kita Cuma daftar periksa ngambil obat udah gitu doang. Kalau di rumah sakit lain apalagi negeri, dokumen pendaftaran kita sendiri yang nyerahin ke dokternya buat antri periksan, trus resep obat juga kita yang nyerahin ke loket apotik. Yah kalo kita anak muda mah gag bingung, bayangin kalaiu orang tua yang berobat sendirian. Pasti bingung abis tuh soalnya sebelum melabuhkan pengobatanku ke RS swasta ini, 2 tahun aku periksannya di rs negeri dan pelayanannya bener-bener zong, pelayannya juga jutek. Bikin tambah sakit aja. Makanya setelah pindah ke RS swasta ini aku lebih sreg. Pengennya sie jelas cepat-cepat gag usah berurusan sama rumah sakit lagi alias sembuh total. Tapi entah kapan hanya Tuhan yang tahu.
          Untuk biaya sendiri menurutku biaya periksan dokternya masih lumrah lah Rp 75.000,-. Kalau obat tergantung penyakitnya ya dan obatnya. Dan pengalamanku pernah saking lagi limitnya duit, duitku kurang jadi aku gag ngambil obatnya Cuma minta dicopiin resep dan ditebus kapan-kapan toh masih ada obatnya di rumah. Dan pihak sana gag mempermasalahkan dan gag ngomel-ngomel. Kalau dulu pas di RS negeri pernah ada pasien kayak gitu langsung dijutekin sama karyawannya. Ya ampun tega banged deh. Bahkan ada salah satu rumah sakit negeri tapi di luar kota lebih gila lagi. Kita suruh bayar dulu biaya dokternya baru diperiksan, dan parahnya yang nyuruh dokternya pula. Jadi dokter mau meriksan kalo ada tanda bukti pembayarannya yang diserahin ke co-as nya, Hedeh bukannya dokter tuh tugasnya meriksan aja ya, masalah bayaran kan dibelakang pasti dibayar.
          Yap sekian pengalamanku rawat jalan. Kalau rawat inap alhamduliah aku belum pernah dan jangan pernah deh. Penilaianku buat RS Emanuel bagus meski karena bagus jadi ramai yang periksan disana akhirnya ngantri deh. Tapi mang wajar lah.
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar