Sabtu, 05 Juli 2014

UMBUL SIDOMUKTI KOLAM RENANG DINGIN DIATAS BUKIT

UMBUL SIDOMUKTI
KOLAM RENANG DINGIN DIATAS BUKIT

Seminggu sebelum puasa 2014, iseng deh main ke Semarang. Karena pas puasa gag mungkin kan bisa main jauh soalnya sebulan niatnya mau full buat ibadah kali aja tahun ini doaku bisa dikabulkan. Waktu itu aku naik motor sendirian dari Banjar ke Semarang sekitar 3 jam perjalanan. Disana aku Cuma semalam soalnya meski aku tipe tukang main tapi gag suka lama-lama jadi semalam cukup lah lagian sekalian temanku mudik ke kampung bareng-bareng. Sebenarnya malam aku di semarang badanku sedikit demam dan mual. Kupikir Cuma masuk angin biasa jadi ya kuoles minyak angin ajah. Ternyata paginya udah lumayan turun deh demamnya meski badan ngerasa gag fit namun aku mang biasa gitu kok.
          Jam 6 pagi pas belum mandi pula, kita cus pulang kampung sambil main ke Umbul Sidomukti dalam perjalanan pulang soalnya kita ngelewatin sana yakni di daerah Bandungan Ungaran. Mungkin efek badan sakit jadi aku agak pelan bawa motornya soalnya kita konvoi berdua alias bawa motor sendiri-sendiri. Sekitar jam setengah 7 kita dah sampai di pertigaan yang ke arah Umbul Sidomukti. Naik bangeddd jalannya. Tanjakan curam dan jalan sempit pokoknya. Repot nih kalo ada mobil  papasan pas tanjakan curam gini. Kita juga kudu ekstra hati-hati karena sebelah kanan kita pas naik atau sebelah kiri pas turun adalah jurang. Yang membuat perjalanan mengganggu adalah perbaikan jalan sehingga jalan yang dipakai Cuma separoh. Hasilnya kemacetan pun terjadi. Untung naik motor jadinya bisa nyelip-nyelip dan sampai deh. Good bye mobil-mobil yang masih antri hahaha.

Tarif parkir per motornya Rp 2.000,- dan tiket masuknya Rp 10.000,- per orang. Gag jauh dari gerbang tiket kita dah sampai di kolam renang Umbul Sidomukti. Sebenernya gag besar juga Cuma menariknya ada di atas bukit dan airnya asli pegunungan jadi brrr dinginn. Dengan sisa-sisa kekuatan gara-gara sakit kuberanikan nyemplung deh. Disana ada 4 kolam yang disesuaikan sama kedalamannya. Sebenarnya gag dalam-dalam amat untuk yang paling dalam. Kita milih yang paling dalam ketiga yang dalamnya seperut orang dewasa. Meski badan dah gag karuan menggigil, namun rasa penasaran dah jauh-jauh kesana aku nyemplung juga. Udah emang dingin, masih pagi ditambah badan meriang abis ngendarain motor pula. Brrrr tapi sesaat rasa pusing dan menggigilnya ilang soalnya bener-bener have fun. Bahkan aku juga nyoba yang kedalamannya sampai dada orang dewasa. Namun kujaga agar rambut gag sampai basah soalnya lagi gag sehat dan masih ada perjalanan 2,5 jam yang menanti. Disana juga kita bisa menikmati outbond kayak flying fox, marine bridge, naik kuda, taman berani. Sayang karena badanku yang gag enak jadi Cuma berenang di kolam ajah. Next time deh kalo ada kesempatan lagi kesana. Sekilas tarif untuk flying fix disana ada 2, yakni speed sana high. Harganya masing-masing Rp 15.000 dan Rp 18.000. Untuk marine bridge yakni menyebrang lembah dengan jaring laba-laba Rp 12.000,-. Keliling dengan kuda Rp 100.000 dan Rp.50.000 tergantung jauhnya. ATV Rp 50.000,- serta taman berani Rp 12.000,-.

Barang bawaan kita bisa ditaruh di Gazebo dekat kolam. Untuk lebih amannya, pilih gazebo yang bisa dijangkau dekat dengan posisi kolam yang kita pakai sehingga bisa dipantau. Jam 9 pagi kita selesai berenang dan sudah mandi saatnya makan. Harga makanan disana juga menurutku tidak mahal. Karena aku sedang sakit aku makan soto hanya Rp 5000,- sedangkan temanku pecel juga Rp 7000,-. Masih terjangkau lah untuk ukuran tempat wisata. Setelah selesai makan, kita pun pulang. Seperti yang sudah kuduga, badanku panas lagi dan pusing lagi. Dengan sisa-sisa kekuatan aku mengendarai motor dengan kecepatan sedang 60 km/jam supaya tidak kedinginan. Padahal biasanya untuk jarak jauh rata-rata 80 km/jam. Di tengah perjalanan kita banyak berhenti untuk mengisi energiku. Salah satu rest area yang recomended buat perjalanan Semarang Banjar atau sebaliknya adalah di Panorama Kledung. Disana kita bisa melihat Gunung Sindoro dengan sangat dekat. Sayang karena aku sudah lemas dan panas aku kurang menikmati. Yang kupikirkan adalah sampai rumah dan tidur. Alhamdulilah sehabis adzan Ashar akupun sampai di rumah dengan selamat meski langsung bedrest selama 2 hari karena ternyata aku benar-benar kena muntaber hihi. Sehingga dehidrasi lumayan parah.