Sabtu, 05 Juli 2014

DRAMA MEDIS KOREA YANG KUSUKA



DRAMA MEDIS KOREA  YANG KUSUKA
         
Puasa-puasa gini gag ada kerjaan enaknya ngocret aja deh pake tulisan. Daripada nyetatus gag jelas di sosmed mending nggombal di blog sendiri ajah. Dah setahun ini aku jadi penggemar drama Korea khususnya drama medis. Entah kenapa aku selalu suka drama yang seperti ini. mungkin karena sudah bosan sama film barat yang isinya fantasi, perang  dan percintaan atau drama korea biasa yang isinya cerita cinderella, atau sinetron indonesia yang ceritanya konyol tak bermutu abis. Yah itung-itung tahu gimana sih orang kalo dioperasi itu. Meski awalnya sedikit ngeri karena adegan pembelahan kulitnya nyata banged. Tapi akhirnya benar-benar menikmati sampai waktu keponakan sunat aku satu-satunya cewek yang berani lihat dari awal sampe akhir tanpa takut geli dan ngeri. Yah biasa tontonannya bedah-bedahan.
Memang belum semua drama medis korea kutonton, namun ini kureview dari yang sudah kutonton saja yakni drama medis dari akhir tahun 2012 sampai sekarang.
1.     Great Doctor / Faith (2012)

          Faith menceritakan tentang jaman Guryeo sekitar 650 tahun yang lalu. Ratu Goryeo yang merupakan orang Yuan mengalami kecelakaan karena terkena sabetan pedang dari perompak saat perjalanan ke Guryeo dari Yuan. Karena kesehatan ratu sangat berharga menyangkut keselamatan bangsa Guryeo yang masih ada di bawah kekuasaan bangsa Yuan, salah seorang ksatria perang yakni Choi Young (Lee Min Ho) atas saran dari seorang pejabat Guryeo melakukan travel time ke masa depan untuk mencari tabib agung yang bisa menyembuhkan ratu. Dan Choi Young berada di Gangnam tahun 2012 kemudian bertemu dengan dokter bedah wajah Eun So. Sebenarnya dia adalah dokter bedah dada yang cukup genius namun beralih menjadi dokter bedah wajah karena dirasa lebih menguntungkan. Karena dipaksa oleh Choi Young akhirnya Eun So mau ikut ke jaman Guryeo dan disitulah petualangan dimulai. Dari Eun So tidak bisa kembali ke masa 2012, kemudian jatuh cinta dengan Choi Young. Drama ini memang medis tradisional, sehingga obat dan pertolongan medisnya juga masih tradisional. Namun banyak adegan berdarah-darah disini dari sabetan pedang.

2.    Top Medical Team (2013)
         

Drama ini merupakan drama termedis yang pernah kutonton. Tiap eposidenya hampir isinya kasus medis yang berbeda. Dan peralatan medisnya juga paling modern. Karena memang film ini menceritakan tentang dokter terbaik dari rumah sakit terbaik. Dalam drama ini kita biasa melihat adegan operasi dan pertolongan darurat di rumah sakit modern. Park Tae Shin (Kwon Sang Wo) yang merupakan dokter bedah umum jenius dari Matson Medical Center di Amerika datang ke Korea untuk membantu Klinik Paran yang merupakan pengobatan gratis untuk orang tak mampu. Secara tidak sengaja dia bertemu dengan dokter bedah dada jenius Seo Joo Young (Jung Ryeo Won) dan awalnya menjadi saingan namun menjadi partner karena masuk ke dalam top medical team yang digagas oleh Han Seung Jae (Joo Ji Hoon) yang merupakan kumpulan dokter terbaik di Rumah Sakit Kwanghee.
Awalnya dr Park tidak mau bergabung ke rumah sakit Kwanghee, namun karena anak asuhnya yang menderita penyakit paru-paru diberi pengobatan gratis di rumah sakit tersebut serta bantuan dana yang diberikan rumah sakit Kwanghee kepada klinik Paran akhirnya dr Park mau bergabung di top medical team Kwanghee. Drama medis ini juga dibumbui dengan persaingan kekuasaan dan jabatan. Sebenarnya dari segi kemedisannya drama ini bagus, namun cerita dramanya kurang memuaskan. Yang kusuka disini ada Minhoo Shinee yang berperan sebagai dokter residen namun akhirnya patah hati karena cintanya ditolak (poor). Untuk drama ini aku Cuma menikmati medisnya aja. Namun ceritanya cenderung membosankan di akhir-akhir.

3.    Good Doctor (2013)
          Dan ini adalah drama medis kesukaaanku sepanjang masa. Good Doctor menceritakan dokter autis Park Shi On (Joo Won) yang berjuang untuk menjadi dokter bedah anak yang diakui. Tidak mudah memang karena banyak ujian yang dilalui, dari diragukan dan dikucilkan karena keautisannya, mendapat senior yang galak, dan sempat difitnah sehingga hampir dipecat dari rumah sakit. Untung ada satu dokter yang selalu membantunya yakni dokter Cha (Moon Chae Won) dan akhirnya mereka saling suka. Pada akhirnya Park Shi On menjadi dokter yang diakui dan sangat disukai anak-anak karena dia merawat dengan sepenuh hati. Tak hanya disukai anak-anak, Shi On pun disukai oleh seluruh departemen bedah anak karena kerja kerasnya. Bahkan hampir seluruh rumah sakit mungkin hihi. Pada drama ini kita biasa melihat pasien anak-anak bahkan bayi. Menurutku drama ini dari awal sampai akhir ceritanya konsisten bagusnya. Recomended banged buat ditonton. Intinya jangan pernah meremehkan orang karena kekurangannya.

4.    Emergency Couple (2014)
         
Lanjut ke drama medis selanjutnya yang cukup kocak. Drama ini mengkisahkan Oh Jin Hee (Song JI Hyo) dan Oh Chang Min (Choi Jin Hyuk) yang dulunya menikah namun bercerai setelah 1 tahun pernikahan. Masih ababil sepertinya karena mereka menikah di usia muda. 6 tahun kemudian, mereka bertemu kembali di rumah sakit sebagai dokter intern dan bersikap seperti kucing dan anjing. Namun lambat laun mereka saling suka kembali. Oh Chang Min sebelumnya memang mahasiswa kedokteran sebelum meikah dengan Oh Jin He, sedangkan Oh Jin Hee adalah lulusan gizi yang sedang magang di tempat kuliahnya Changmin. Karena pernikahan mereka, akhirnya Changmin tidak mendapat jatah hidup dari ibunya yang kaya raya bahkan harus putus kuliah dan menjadi sales obat. Sedangkan Oh Jin Hee setelah berpisah dari Changmin, dia bertekad menjadi dokter dan ternyata dipertemukan kembali dalam internship UGD / Emergency Room.

5.    Doctor Stranger (2014)
         
Terakhir adalah drama yang masih on going yang menceritakan dokter yang dibesarkan di Korea Utara. Drama ini penuh dengan balas dendam dan nuansa politik. Cukup berat memang ceritanya, namun aku justru suka yang seperti ini. Sekilas mirip dengan city hunter di awal.
          Park Hoon (Lee Jong Suk) adalah ahli bedah jantung yang dibesarkan di Korea Utara karena ayahnya Park Chul dibawa ke Utara untuk mengoperasi presiden Korea Utara. Namun karena ada unsur politik di Korea Selatan serta persekongkolan pemilik rumah sakit Myungwo, membuat Park Chul dan Park Hoon tak bisa kembali ke Selatan sampai Park Hoon dewasa. Hal ini karena Park Chul merupakan saksi dari kasus mal praktek rumah sakit Myungwo. Di Utara, Hoon bertemu dengan Jae Hee (Jin Se Yeon) yang merupakan gadis asli utara dan mereka akhirnya berteman sampai kuliah di kedokteran. Bahkan mereka saling suka. Karena kondisi politik juga, mereka dipisahkan oleh pihak Utara karena kejeniusan Hoon dia disuruh mempelajari medis jantung bahkan dengan cara yang tidak berperikemanusiaan. Sedangkan Jae Hee dibawa ke Jepang untuk mendalami kedokteran anestasi. 7 tahun kemudian, mereka bertemu namun Je Hee dalam keadaan sekarat karena kedua ginjalnya rusak untuk kepentingan penelitian Utara. Akhirnya dengan mengorbankan ayah Jae Hee, ginjal Jae hee dioperasi oleh Hoon. Namun baru beberapa hari bertemu mereka sudah dipisahkan kembali sampai 2 tahun kemudian Park Hoon sudah di Korea Selatan. Sedangkan Jae Hee juga ada di selatan namun dia ada misi dengan negaranya Korea Utara sehingga Jae Hee berpura-pura tidak kenal Hoon meski Hoon sudah berkali-kali meyakinkan.
          Sedangkan setelah Hoon di Korea Selatan, tak sengaja dia mengoperasi ayah anak kecil di rumah sakit Myungwo dan direkrut menjadi dokter disana. Di RS Myungwo Hoon disukai oleh Oh Soo Hyun (Kang Sora) yang merupakan tunangan Jae Joon (Park Hae Jin) yang ternyata Jae Joon juga berniat balas dendam atas kasus malpraktek rumah sakit Myungwo dimana ayah Hoon menjadi saksi. Drama ini benar-benar seru sampai episode menjelang akhir. Bahkan aku sempat berfikir semua pemerannya antagonis karena motifnya balas dendam semua. Tapi seru, lain daripada yang lain.

2 komentar:

  1. menurut kamu mana drama yg paling menrik di tonton

    BalasHapus
  2. ada ngga masukan buat drama lainnya

    BalasHapus