Kamis, 10 Juli 2014

PENGALAMAN TES MASUK ANRI (ARSIP NASIONAL REPUBLIK INDONESIA)



PENGALAMAN TES MASUK ANRI (ARSIP NASIONAL REPUBLIK INDONESIA)

Tahun 2013 kemaren adalah pertama kalinya aku ikut seleksi CPNS Indonesia. Sebenarnya aku mendaftar banyak namun belum rejeki diterima. Dan kali ini aku mau ngeshare tentang tes CPNS yang aku bisa ikut sampai tahap akhir.
1.     Tes administrasi
Meliputi daftar online di BKN dan unggah online ke email ANRI. Tahap ini untuk akuntansi yang dinyatakan lolos administrasi ada 100 orang sedang final yang diterima nanti ada 4 orang.
2.    Tes Kompetensi Dasar
Tes ini merupakan tes tulis yang isinya tes kebangsaan, tes intelegensi umum dan tes. Jumlah soal ada 100. Sebenarnya banyak banged contoh soal di internet tentang TKD. Namun karena aku baru pertama kali ikut PNS aku cuma modal logika. Alhamdulilah tahap ini lolos dan aku masuk peringkat 20 besar. peserta yang lolos TKD ini ada 34 orang dan dipersilahkan ikut TKB selanjutnya.
3.    Tes Kompetensi Bidang
Sepertinya aku punya nilai jelek disini karena soalnya benar-benar akuntansi. Sementara dari 5 soal yang kujawab hanya 1 yang benar-benar yakin benar. Lainnnya ngawur karena aku lupa dengan perhitungan akuntansi yang sudah kompleks. Selain tentang soal uraian akuntansi, dalam tes ini ada tes bahasa inggris adn tes pengetahuan bidang ANRI. Blas aku gag tahu sama sekali tentang keANRIAN. Dari situ aku dah pesimis deh dan emang hasilnya gag masuk di final.
4.    Tes Wawancara
Seluruh peserta TKB diwajibkan ikut wawancara seminggu kemudian. Waktu itu aku diwawancarai 2 orang dari pejabat ANRI sendiri. Sebenarnya untuk wawancaranya aku biasa menjawab dengan mantap dan meyakinkan namunaku sudah berfikir aku tak bakal masuk gara-gara TKB. Dan ternyata benar untuk 2013 aku tidak lolos. Tapi tak apalah bisa buat pengalaman.
5.    Pemberkasan
Pemberkasan ini untuk yang sudah positif diterima.

4 komentar:

  1. wah bisa buat warning ni buat saya yg mw ujian tkb dan wawancara. trims udah share :D

    BalasHapus
  2. klo boleh tau soal-soal di tkb pilihan ganda apa essay ya?

    BalasHapus
  3. waktu itu emang pilih posisi apa kak?

    BalasHapus
  4. Tes bahasa Inggris yg gimana kak?

    BalasHapus