Minggu, 30 November 2014

WISATA KE PULAU NUSAKAMBANGAN PULAU KECIL YANG MENYIMPAN SEJUTA MISTERI

WISATA KE PULAU NUSAKAMBANGAN
PULAU KECIL YANG MENYIMPAN SEJUTA MISTERI
               
Balik lagi ke postingan jalan-jalan yak karena sdah 2 bulan lebih tak melakukan aktifitas rutin ini karena kesibukan bekerja. Ciehh padahal juga gag sibuk hehe. Kali ini jalan-jalannya ke pulau yang dihuni oleh para narapidana alias Pulau Nusa Kambangan.

Udah sebulan lebih sebenarnya tepatnya waktu libur 1 Syura 2014 atau tanggal 25 Oktober 2014, kantor ngadain jalan-jalan bersama ke Cilacap dan Nusakambangan. Dulu tahun 2011 aku juga pernah main ke Nusakambangan bareng anak Kopma Cuma bedanya kalo dulu naiknya perahu antonio alias perahu nelayan biasa, kalo yang sekarang aku naik kapal feri yang namanya KM Pengayoman. Berangkat dari pelabuhan Lomanis jam 10.00 hanya 30 menit perjalanan menuju ke Pelabuhan Sodong di Nusakambangan. Pemandangannya bagus kita lihat hutan magrove si sekelilingnya dan yang pasti kilang minyak perusahaan impian aku yang sudah mungkin tidak bisa aku dapatkan,, yap apalagi kalau bukan PERTAMINA PERSERO. Huhuhu jadi sedih liatnya, tapi ya sudahlah mang nasib tak memperbolehkan kesana hehe. Sudah ah sedih2annya kan kita mw cerita happy masa akunya sedih gara2 Pertamina hehe.
Sampailah kita di Pelabuhan Sodong Nusakambangan. Oh ya tarif paketan dari naik kapal feri dan jalan-jalannya di Nusa Kambangan adalah Rp 900.000,- untuk 2 mobil yang berisi 13 orang. Kalau itung-itungan pastinya aku kurang tahu cz aku kan paling baru jadi ngikut aja lah hehehe. Dari pelabuhan Sodong kita ke Pantai Permisan melewati jalan yang kanan kirinya bakau dan ladang serta pemandangan lembaga permasyarakatan. Kali ini kita dipandu sama pegawai LP nya loh jadi banyak cerita deh dia. Lumayan nambah pengetahuan. Hal yang dirasakan saat menginjakan kaki du NusKam adalah Panasssss. Tentunya karena ini daerah pantai dan merupakan pulau kecil ya. Eits tapi meski kecil kalo gw ngilang disini dijamin kagak bisa balik deh,, lha isinya hutan kagak ada sinyal weleh naudubilah. Selama perjalanan ke Pantai Permisan kita diceritakan sama bapak LP nama-nama Lapas (Lembaga Permasyarakatan) dari yang isinya narapidana ringan sampai berat. Kita juga liat tempat eksekusinya Amrozi lho Cuma gw gag ambil gambar, takut ada penampakan hehe (ngaco dah). Ada macem-macem Lapas disana dan yang menarik perhatian adalah Lapas Besi yang katanya paling ditakuti soalnya kita masuknya maju, keluarnya mundur alias kaya lorong sempit gitu. Waduh apa kagak pegel yah. Nah makanya itu yang paling ditakutin soalnya termasuk penjara kelas berat. Nah makanya jangan ngelakuin kejahatan berat yak biar kagak masuk begituan. Naudzubilahimindalik yah. Napi disana ada yang dibiarkan berkeliaran bebas untuk mengurus ladang, bersih-bersih dan ngelakuin kegiatan yang nantinya kalau keluar bisa berguna dah. Makanya jangan kaget yak liat ada napi bawa motor.. weeeww..tapi tenang dia kagak bakalan bisa kabur kok,, ya iyalah secara mw kemana tu kan pulau kagak ada indomaret dan bis,, mau nyelem ya sanah kalau kuat hehe.
Taraaa sampailah di Pantai Permisan, pasirnya putih broww Cuma mang gag seputih pantai Wonosari si tapi bagus kok ada monumen Jangkar kapal juga di tengah karang laut. Kenapa dinamakan pantai permisan?? Mungkin karena dekat dengan Lapas Permisan kali ya. Cuma sayang yah di liburan kali ini aku kurang mengeksplor kegilaanku dan gag berfoto -_-. Kenapa??? Karena gag ada yang mw diajak gila dan berfoto -_-. Tapi gag pa2 lah yang penting tersimpan di otak karena otak adalah memori terbaik dan mata adalah kamera terbaik. Oke guys. Untung aku dulu sering liburan jadi dah banyak lah koleksi fotonya ama mandi2an di lautnya hehe. Banyak wisatawan juga lho yang berkunjung kesana. Mereka juga naik KM Pengayoman dan jangan lupa ya kapalnya gag tiap jam berangkat jadi kita kudu waspada biar gag ketinggalan kapal. Kapal berangkat jam 10.00, 01.00 dan 15.30.
Selain ke pantai permisan, kita juga ke pantai perawan yang namanya pantai Ranca Babakan. Benar-benar bersih nie pantai kagak ada sampahnya. Ada karangnya yang luas juga loh. Hampir mirip sama Pantai Klayar di Pacitan Cuma disini sepii banged kagak ada orang selain rombongan kita. Ahhhh coba kita ke Nusakambangan bareng ahjuma gila,, yang ada mungkin kita ketinggalan kapal gara-gara keasyikan mandi di pantai kali ya hahaha. Jalan dari pantai permisan ke Pantai Ranca Babakan kita menyusuri hutan bakau sepanjang +/- 1 km. Jalannya naik turun. Meski aq suka jalan, namun ini berasa capek banged karena cuacanya panasssss. Jadi nglebihin capeknya jalan dari pos 1 ke pos 2 di gunung lawu dah hoohoo.
Setelah selesai di pantai Ranca Babakan kita kembali ke pantai permisan karena mobil kita ada disana. Oh my God i see the bad view. Aduhh sampah dimana-mana. Heran deh sama orang Indonesia gag bisa menjaga kebersihan apa ya. Gimana alam mau menghargai mereka kalau mereka aja gag bisa menghargai alam. Harusnya orang-orang kaya gitu dibersihkan aja sama ombak biar kebawa ke tengah laut dan gag jadi hama buat alam kita. Daripada hidup Cuma jadi parasit.. wehee aku kejam yak,, biarin dah emang gitu ogh kenyataannya. Coba ada Kopmapala,, mungkin dah dibersihin tu sampah ke pinggir dan disatuin biar gampang ngancurinnya dengan cara dibakar. Ahh aku kangen ngelakuin hal beginian -_-.

Sudah puas dan hitam kulitnya, kita menuju perjalanan pulang. Sambil menunggu kapal, kita sholat dulu. Eits meski tidak ada kaum hawa di NusKam, mushola di sana menyediakan alat sholat lengkap. Weh salut dah,, berkah banged yak ^_^. Lumayan ngehilangin rasa bete gara2 liat orang sembarangan sama alam. Dan kita pun menyeberang dan sampai kembali di Pulau Jawa. Destinasi selanjutnya adalah benteng pendem. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar