Rabu, 07 Mei 2014

Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Alun-Alun Kidul Yogyakarta

        Sebenarnya gag beda sama alun-alun pada umumnya. Yakni memiliki dua pohon beringin. Namum yang membuat alkid (singkatan alun-alun kidul) begitu terkenal karena disini salah satu tempat nongkrong yang asyik. Aku dah berkali-kali main kesini. Dari sama temen kos, temen kampus sampai sama keluarga Banjar. Maklum ane kan anak kos yang kuliah di Jogja jadi kadang dijenguk sama keluarga di kampung. Kalo untuk pertunjukan sendiri kayak konser biasanya dilakukan di alun-alun utara. Makanya kalo menurutku altar (alun-alun utara) tu rumputnya dah pada rusak akibat keseringan diinjak orang banyak. Makanya aku lebih seneng ke alkid.
          Layaknya alun-alun pada umumnya, alkid punya dua pohon beringin. Namun ada mitos kalo bisa jalan lurus diantara dua pohon beringin dengan mata tertuup katanya keinginannya terpenuhi. Hehe aku yang 4 tahun di Jogja aja belum pernah nyoba padahal ampe bosen kesana. Dari cuma nongkrong sampe liat kembang api pegantian tahun.

          Di sekeliling alkid kalau malam banyak banged mainan sepeda tundem dan gowes. Oh ya kalau tundem itu sepeda kalo gowes itu yang kaya becak-becakan ada setiran kaya mobil. Hiasannya juga lucu-lucu berkelap-kelip dari gambar hewan sampai animasi. Keponakanku kalau diajak ke jogja seneng banged sama suasana malam alkid lho. Katanya rame. Meski alun-alun di kampungku juga ada gowes tapi gag serame alkid. Tarif kalau mau naik sepeda tundem tu macem-macem. Kalau isi 2 biasanya 10 ribu, kalau isi 3 biasanya 15 ribu. Muternya 5 kali tapi aku biasanya tak lebihin.. hihihihi lha gag pernah distop sama bapaknya. Nah kalo gowes lebih mahal biasanya yang isi 4 harganya 25 ribu buat 3 kali putaran. Kalau yang isi 5 atau 6 sekitar 30 atau 35 ribu. Kalau gowes gag bisa dilebihin soalnya pasti ngantri. Beda sama tundem yang boleh dibonusin soalnya stoknya memang banyak.
Jalan masuk dan keluar alkid tu ada banyak. Di pinggiran jalan juga banyak ditemui rumah klasik yang jogja banged dan pedagang souvenir serta makanan khas Jogja kayak bakpia dan gudeg.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar