Minggu, 11 Mei 2014

GUNUNG API PURBA “NGELANGGERAN” YOGYAKARTA “Surganya pendaki pemula”

GUNUNG API PURBA “NGELANGGERAN” YOGYAKARTA
“Surganya pendaki pemula”
          Naik gunung?? Sebenarnya itu hal yang gag pernah terpikirkan dalam benak gw. Selama 12 tahun sekolah aja pelajaran paling gw sebel adalah olahraga apalagi lari dan jalan nanjak,, hedeh dah mau copot aja jantungnya.
          Tapi entah kenapa ada angin apa mungkin buat menikmati waktu akhir pekan kuliah saat tahun 2013, gw ngikut temen gw buat coba-coba naik bukit di salah satu objek wisata di Jogja. Namanya adalah Gunung api purba Ngelanggeran. Kenapa gw sebut bukit disini, karena kalau dinamakan gunung gag seberapa tinggi. Dari kaki gunung ke puncak gunung Cuma 1,5 jam itu pun untuk pemula. Kalau yang udah lincah ¾ jam nyampe pastinya.
                Ngelanggeran ini terletak di Kecamatan Pathuk Wonosari, sekitar setengah jam dari pusat kota Jogja. Perjalanan dimululai jam 5 sore berangkat dari Jogja dan sampai sana jam setengah 6 sore. Yap kami waktu itu ngecamp diatas dan sekaligus itu pengalaman pertama ngecamp di gunung. Kalau biasanya kan ngecamp di bumper alias bumi perkemahan haha #plak. Sampai sana kami nunggu waktu adzan buat sholat magrib sekalian mumpung masih dibawah jadi masih gampang buat wudhu karena kalau dah diatas tak ada air. Setelah abis magrib kita naik deh. Aduh baru bentar aja dah ngos-ngosan tapi kudu tetep semangatt. Sebenernya banyak juga yang berkunjung kesana soalnya pas kita naik banyak yang turun karena mereka abis nonton sunset dari puncak. Untungnya naik malam adalah gag terlalu dehidrasi karena tenaga kita gag terserap oleh sinar matahari. Cuma kadang nabrak-nabrak karena penerangan ya jelas terbatas jadi kudu hati-hati. Baru setengah jalan aja udah keliatan kota Jogja dan lampu-lampunya. Wahhh so sweet.. akhirnya tak lama kemudian nyampailah di puncak. Disana kita mendirikan tenda dan buat api unggun serta makaan. Laper broo. Malam makin malam setelah selesai ngobrol-ngobrol sampe api padam tidur deh dan sampe esok harinya.

Ah sayang waktu itu mendung jadi sunsetnya rada gag keliatan. Tapi gag pa2 lah pembuktian buat gue yang paling benci jalan nanjak bisa sampe puncaak bukit haha lebay. Disana anginnya euy banterr. Kalo katanya orang sana dulunya ini merupakan gunung api tapi meletus dan hanya tersisa bongkahan-bongkahan batu besar dan jadi bukit. Weewww bayangin kalo masih jadi gunung kaya jaman purbakala bisa gag ya gw ndaki ^.^. setelah puas dan matahari mulai menanjak naik kami mulai beres-beres dan turun. Hedeh turunnya gag sampai setengah jam pemirsa. Tinggal nggelundung aja ^^. O ya dan biaya buat ngecamp disini Rp 9.000,- rinciannya Rp 6000,- buat nitip motor semalaman dan Rp 3.000 buat kontribusi administrasi naik ke Ngelanggerannya dan asuransi. Kalau gag nginep berarti Cuma Rp 5000,- cz parkir motornya gag Rp 6000,- tapi Rp 2000,-. So Ngelanggeran merupakan alternatif latian naik gunung buat pemula kayak gw. Bisa nikmati sunset maupun sunrise disana. Selamat mencoba ^^