Minggu, 11 Mei 2014

KUIL SAMPOKONG WISATA BUDAYA TIONGHOA DI SEMARANG

KUIL SAMPOKONG
WISATA BUDAYA TIONGHOA DI SEMARANG

          Akhir tahun 2013 aku iseng-iseng ikutan perekrutan pegawai Bank yang menguasai peredaran mata uang di Indonesia. Walau hasilnya ternyata belum diberi kesempatan karena poin bahasa Inggris yang masih kurang hehe. 2 hari berada di Semarang selain mengikuti tes rugi dong rasanya kalau gag main-main ke wisata. Salah satunya adalah ke kuil Sampokong yang ada di sebelah barat daya kota Semarang.
          Berdasarkan sejarah yang kuperoleh dari Wikipedia, Kuil Sampokong merupakan tempat petilasan yaitu bekas persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksama Tiongkok yang bernama Cheng Ho. Sebenenernya aku juga baru tahu setelah sampai di rumah kalau sebenarnya Kuil itu didirikan oleh orang Cina beragama Islam. Namun waktu kesana kok gag ada tanda-tandanya ya. Seperti Kuil pada umumnya. Dan ada tempat persembahyangan yang dilakukan oleh orang-orang Tionghoa.
          Tiket masuk kesana cukup murah yakni Rp 2000,-. Cocok lah untuk kantong mahasiswa. Setelah masuk ke dalam, suasanya serba merah yang menjadi lambang orang Cina. Di Sampokong ada 3 bangunan Kuil besar sedangkan yang bisa dimasuki oleh orang umum ada satu sedangkan yang 2 kita hanya bisa melihat dari luar kalau tidak bersembahyang alias nonton doang.

Saat masuk ke Sampokong aku jadi berasa di film kartun Mulan. Apalagi pas foto di gerbang belakang. Benar-benar mirip film kartun China. Maklum aku baru pertama kali main ke Kuil. Karena disini merupakan tempat peribadatan, banyak juga yang masuk ke dalam kuil untuk berdoa. Kalau lagi imlek mungkin disana ramai banged ya. Isinya orang Cina- cina.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar