Minggu, 11 Mei 2014

KALIADEM Sejarah Merapi 2010 dan Mbah Marijan

KALIADEM
Sejarah Merapi 2010 dan Mbah Marijan

          Salah satu wisata hemat yang bisa ditemui di Jogja adalah Kaliadem Sleman Yogyakarta. Gue baru kesana pun setelah Erupsi Merapi 2010. Pertama kali kesana parah bgd tu tempat dah kaya kiamat aja. Pohon tumbang dan nekas kebakar dimana-mana. Abu bertembaran dimana-mana. Mungkin yang dulu rajin nonton berita merapi 2010 sering dengen dusun Kinahrejo. Nah disinilah wisata Kaliadem.
          Awal 2011 pas gue kesana kesannya kayak hamparan tanah kosong yang rusak dan luaasss bgd. Bayangin aja lahar panas merapi waktu erupsi mengalir kesitu dan setelah itu lahar dinginnya. Subhanallah memang manusia gag boleh sombong yak. Dan kalau musim hujan sampai saat ini daerah itu juga harus waspada aliran lahar dingin merapi.
                Yang menarik lagi dari Kaliadem ini adalah bekas rumah dan makam mbah Marijan yang dikenal sebagai juru kunci gunung Merapi saat itu. Bekas rumahnya yang hancur ditandai dengan bendera Indonesia. Deket bekas rumah itu juga terdapat gendingan entah milik siapa. Kira-kira kalau malem bunyi sendiri gag ya?? Hihi.


Untuk menuju ke Kaliadem, kita dari arah ringrut ambil jalan Kaliurang ke utara terus sampai pertigaan Pakem. Dar pertigaan Pakem kalau lurus kita ke Kaliurang sedangkan kalau mau ke Kaliadem kita ambil kanan. Ikuti jalan trus sampai akhirnya nemu pintu masuk Kaliadem. Tarifnya Rp 3000,- per orang dan parkir motor Rp 2000,-. Cukup terjangkau lah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar