Minggu, 11 Mei 2014

GUNUNG LAWU “Puncak tertinggi Jawa Tengah yang cocok buat pendaki pemula”

GUNUNG LAWU
“Puncak tertinggi Jawa Tengah yang cocok buat pendaki pemula”

Setelah bisa membuktikan pada diri sendiri bisa menaiki bukit di Gunung Api Purba Ngelanggeran, kini gw nyobain sesuatu yang lebih menantang lagi. Yap kali ini gw mau ngoceh pengalaman gw waktu naik gunung yang sebenarnya dan tinggi yaitu Gunung Lawu yang merupakan puncak tertinggi di Jawa Tengah. Banyak alasan kenapa gw mau ikutan temen gw ndaki gunung ini. Pertama gunung ini merupakan gunung pasif jadi gag ada kawah dan semacamnya yang bikin gw nerveous akan gunung meletus tiba-tiba #lebay juga gw disisni, maklum pertama kali ndaki gunung coy. Kedua karena saat itu usah memasuki jadwal kuliah yang banyak kosongnya jadi banyak banged waktu luang. Ketiga peserta ceweknya banyak jadi cukup nyaman. Keempat jelas,, mumpung masih ada kesempatan dan gag boleh disia-siain begitu aja.
          Gunung Lawu  merupakan Gunung yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jawa Tengah dada di Kabupaten Sragen sedangkan Jawa Timur di Kabupaten Magetan. Waktu itu bertepatan dengan tanggal 1 Syuro kami naiknya. Eits tapi kita gag ada maksud mistik lho ya cuma kita milih tanggal itu karena liburan kuliah aja jadi bisa nyantai. Dan lagipula kalau bertepatan dengan 1 Syuro disana ramai jadi gag horor gitu di gunung sepi=sepi apalagi kami banyak pemulanya.
          Perjalanan dari Jogja waktu itu jam 8 malam naik motor. Meski ujan deras karena kami sudah persiapan gag mungkin dong dibatalin jadi dengan sedikit rasa nekat kami jalan terus. Menerabas hujan malam menghabiskan waktu 4 jam di jalan yang basah dan kehujanan meski kita juga pakai mantel. Tapi disitu justru sisi positifnya jadi keinget kenangan yang manis-manis asem haha. Bisa buat kenangan di masa depan lah. Waktu itu aku kebagian yang dibonceng karena kesepakatan yang cewek yang dibonceng semua walau sebenere gw lebih suka yang nyetir motor sendiri. Tapi gag pa2 lah itung-itung bisa nyantai. Di jalan bener-bener kaya pasukan konvoi waktu itu. Semua bawa tas caries gede-gede. Termasuk gue juga.
                Sekitar jam 12 an lebih akhirnya kami sampai di kaki gunung Lawu yaitu Cemara Sewu. Sebenarnya ada 3 jalur yang bisa didaki untuk ke Gunung lawu yakni lewat Cemara Sewu, Cemara Kandang dan Srambang. Kita lebih milih atau mereka yang milih karena gue sih ngikut lewat Cemara Sewu. Katanya yang bisa cepet nyampe walaupun jalurnya rada tegak. Tapi bismillah lah. Kalau Cemara Kandang memang lebih landai namun track nya lebih jauh dan kalau melalui Srambang itu jarang bgd orang lewat sono karna lebih deket ke Ngawi katanya.
          Satu hal yang pertama kali tak gw rasain sumpah dingin bangeddd. Mungkin pengaruh ujan-ujanan di motor, lewat gunung dan itu tengah malam. Akhirnya idung kita semua dipakein salonpas biar gag kedinginan. Jam 2 lebih akhirnya kita milih istirahat di rest area beralaskan tikar dan sleeping back. Meski sebentar cuma beberapa jam lumayanlah ngilangin rasa capek di jalan. Jam 5 an saatnya sholat subuh dan berrrr airnya kayak es mungkin kayak suhu di Korea pas musim dingin yak (kayak dah pernah ke Korea aja #plak)
          Tepat jam 7 pagi kita mulai naik deh ke puncak Lawu. Cukup ngos-ngosan juga tapi tetep disemangatin sama kawan-kawan jadi kudu bisa deh. Selama perjalanan dari start ke pos 1 sekitar 2 jaman karena kita pelan-pelan dan banyak berhentinya. Pemandangannya mang bagus banyak hutan tapi gag kaya hutan hujan tropis yang lebatnya minta ampun. Mungkin karena banyak yang udah ditebang yak. Di pos 1 juga ada penjual jajan. Dan disitu kita ngisi perbekalan air soalnya dapetin air kalo semakin atas makin susah atau bahkan gag ada sama sekali. Air mentah buat wudu dan masak sementara air matang buat minum selama di jalan. Dari pos 1 ke pos 2 juga sekitaran 2 -3 jam’an. Kita waktu itu sampai di pos 2 sekitar sebelum dhuhur dan istirahat tiduran dan makan di pos 2 serta sholat. Lanjut perjalanan ke pos 3 dimulai jam 1 an dan disitu menurutku trek yang paling ekstrem karena tegak banged dan sempit jadi cepat capek. Eits tapi disaat gw ngos-ngosan gag karuan ada yang nyalip gw dan ternyata,,, seettt ibu-ibu udah tua dan bawa gendongan jualan air bahkan ada yang bawa diesel. Wowww daebakk amazing luar biasa. Mungkin dah kebiasaan kali yak. Jadi malu ama ibu-ibu yang dah tua kayak gitu.
Sebenarnya pas perjalanan dari pos 2 ke pos 3 gw dah mau nyerah karena emang sebenarnya gw paling benci jalan nanjak apalagi panjang. Dan gue termasuk kelompok yang belakang karena yang lain udah di depan buat persiapan ndiriin tenda. Yap begitulah kalau naik gunung gag semuanya berstamina fit harus ada yang di depan dan dibelakang. Untungnya di tim belakang yang emang lemah dalam hal perpendakian disisipin anggota yang sabar buat nungguin kita-kita para pendaki pemula yang lemah hihihi.
                Sesampainya di pos 3 sekitar ashar gue istirahat bentar sambil nikmatin pemandangan edelweis. Yang tadinya mau nyerah karena trek yang tegak dan pemandangannya kaya di hutan tergantikan dengan pemandangan edelweis. Sehingga kayak dapet kekuatan langsung capeknya ilang dan semangat lagi buat ndaki. Menurutku trek paling menyenangkan adalah dari pos 3 ke pos 4. Sumpah bagus bangeddd. Liat padang edelweis. Sayang gag ada fotonya karena pas itu kameranya dibawa tim kuat yang dah melesat jauh ke depan. Yah gag pa2 lah. Masih tersimpan di memorin otak. Sayangnya gag lama kemudian ujan turun. Hedeh akhirnya perjalanan kita berhenti sebentar buat make mantel dan berlindung di goa kecil. Yang bikinj gue nerves sebenernya bukan ujannya tapi kabutnya yang bikin susah jarak pandang. Takut keperosok gitu. Tapi gue senengnya gara-gara ujan akhirnya bisa nyusul tim kuat hahah. Ternyata mereka beberapa juga berlindung karena hujan dan sebagian lagi jalan buat ndiriin tenda di pos 4. Sampailah di pos 4 sekitar jam 5 an dan kita langsung buru-buru sholat ashar. Pas itu gue dah mulai hipotermia jadi gue gag keluar tenda setelah sholat ashar. Air wudu buat sekalian magrib dan isya. Yap karena gue sebenernya gag tahan cuaca ekstrem dan mereka juga ngertiin kok. Anak-anak yang tahan sama cuaca dingin keluar dan masak mie sama susu sedangkan gw di tenda aja lah. Dan ternyata pas itu memang lagi dingin banged di pos 4 yang deket sama puncak Lawu. Katanya si -5 derajat celcius sampe kepala temen gue kaya ada bunga es nya. Akhirnya gag ada acara api unggun2nan. Yang ada tidoorr buat ngembaliin stamina. Lagipula bkin api unggun juga gag bisa karena anginnya gedee bangeddd. Gw tidur deh abis isya sampe jam 4 pagi yap meski sebenernya gag nyenyak gara2 suara angin ribut.
          Esok paginya sekitar subuh abis sholat subuh. Subhanallah indahnya sunrise  di Lawu. Awannya kayak kasur dah pengen tidur disana ajah deh rasanya. Itu alasan kenapa kita milih ndiriin tenda di pos 4 karena kalau di pos 5 alias di puncak anginnya kenceng bgd dan sunrise paling bagus katanya mang di pos 4. Pas gag ketinggian dan kerendahan.
                Setelah puas foto-foto sama awan dan sunrise, jam 6 pagi saatnya naik ke puncak lawu. Perjalanannya gag lama kok gag sampai 1 jam. disana kita lewat padang alang-alang. Bagus buat foto-foto. Tal kama kemudian sampailah kita din Puncak Lawu yaitu puncak Hargo Dumilah. Disana ada tugu peringatannya.
                Selain Hargo Dumilah juga ada puncak Geger Boyo. Kenapa dinamakan geger boyo karena kayaknya mirip punggung buaya kali ya. Memanjang. Dari sana kita bisa liat pemandangan di bawah. Rasanya rasa capek satu setengah hari terbayarkan sama penandangan yang amazing ini. kalau kita foto di Geger Boyo kayak foto di negeri awan deh haha.

Setelah puas di puncak saatnya siap-siap ke pos 4 buat sarapan dan bongkar tenda. Akhirnya jam 9 pagi kita mulai turun deh dan sampai di Cemoro sewu abis duhur jam 2an siang.  Dan balik ke Jogja sekitar jam setengah 5 sore karena hujan. Yah gag pa2 lah ujan-ujanan lagi ^^.