Senin, 12 Mei 2014

Cara mengurus STNK yang hilang (Daerah Banjarnegara Jawa Tengah)

Cara mengurus STNK yang hilang (Daerah Banjarnegara Jawa Tengah)

Kali ini aku mau nyeritain soal pengalamanku mengurus STNK yang hilang pertengahan April 2014 kemaren. Hilangnya di daerah asalku sendiri yakni Banjarnegara Jawa Tengah.
1.     Mengurus surat kehilangan dari Polsek kecamatan. Sebenarnya aku gag tahu dikenakan biaya atau tidak. Namun waktu itu aku nanya berapa biayanya, eh malah dimainin ama polisinya. Katanya “menurut mbak berapa? Aku jawab deh Rp 10.000 po pak? Sama kaya SKCK? Eh dia njawabnya malah “ya bisa aja lebih”. Ya dah karena aku dah males akhirnya tak kasih aja tu Rp 10.000,-. Harusnya gag usah nanya berapa biayanya ya. Kalo gag ditagih mending gag usah nanya. Langsung kabur aja, toh gag dikasih kuitansi. Mana kita tahu tu uang masuk negara apa kantong pribadi.
2.    Setelah itu ke Samsat buat nggesek nomor rangka mesin motor. Disana ditarif Rp 50.000,-. Di bagian gesek kita dikasih sebendel map yang kudu difotokopi termasuk BPKB dan fotokopi KTP pemilik STNK. Lagi-lagi aku gag sukanya gag dikasih kuitansi. Benar-benar gag transparan.
3.    Setelah itu fotokopi berkas yang diperlukan dari pihak gesekan tadi. Biayanya sekitar Rp 2000,-. Dan beli materai Rp 3000,- buat ke polres setelah semua berkas difokopi,
4.    Kita ke polres buat ngurus iklan koran kehilangan STNK. Pakainya berkas yang difokopi tadi dan materai 3000an. Disini kita dipungut Rp 50.000,-. Lagi-lagi gag dikasih kuitansi -_-. (mungkin karena aku orang akuntansi jadi kalau ada hal yang janggal gini apalagi nyangkut uang rada sensitif. Wah kalau aku jadi anggota BPK atau KPK pengen deh dapet kasus gini biar tak usut sampai bawah-bawahnya).
5.    Kita kembali lagi ke Samsat buat daftar pembuatan STNK baru. Biaya pendaftarannya Rp 5000,-
6.    Setelah mendaftar dan dapet sebendel berkas, kita disuruh ke bagian fiskal buat ngecek apakah kendaraan kita masih berpajak atau telat bayar pajak. Disini gag dipungut biaya kok.
7.    Terakhir kita ke loket pembuatan STNK. Disini kita dikenakan biaya Rp 50.000,-. Kalo disini ada kuitansi resminya. Tinggal tunggu panggilan sudah jadi deh STNK baru kita.
Rekapitulasi biaya yang dikelarin:
1.     Surat keterangan hilang            10.000 (sebenernya kayaknya gratis)
2.    Gesek nomor mesin                    50.000
3.    Fotokopi                                   2000
4.    Materai                                    4000
5.    Iklan koran                               50.000
6.    Pendaftaran di samsat               5000
7.    Biaya dublikat STNK                 50.000
Total                                        171.000

Sekian, semoga bermanfaat. Jangan ngilangin STNK lagi ya. Mahal ngurusnya dan ribet. Jagalah barang yang kita punya, okayy...

1 komentar: